Kamis, 10 November 2011

TIPS MEMILIH KACAMATA


TIPS MEMILIH KACAMATA





1. Bagaimana cara membaca resep?

Resep kacamata memiliki format yang selalu sama di setiap resepnya. Baris pertama selalu resep untuk mata kanan, kadang-kadang ditulis "OD". Baris kedua untuk mata kiri, yang kadang-kadang ditulis "OS". Resep kacamata untuk setiap mata dibagi atas nilai - nilai Spheris, Silinder, dan Axis. Sesuatu yang umum apabila di salah satu resep kacamata tidak ada nilai ukurannya, dalam hal ini Anda mungkin akan melihat huruf "PL" atau "Plano", atau mungkin saja ada nilai ukurannya untuk semua bagian. Kadang-kadang resep ditulis "Ou" yang berarti "kedua mata". Jika resep kacamata Anda untuk lensa bifocals atau trifocals, mungkin ada tambahan informasi resep yang ditulis misalnya "ADD + 2.50". Ini adalah informasi yang penting jika Anda ingin memesan lensa untuk membaca atau lensa progressive. Angka-angka yang dinyatakan dalam diopters memberitahukan ukuran lensa. Nilai dalam bentuk diopter adalah nilai yang metrik dan digunakan secara universal di seluruh dunia.

2. Bagaimana cara memilih bahan lensa?

Lensa plastik adalah bahan lensa yang terbaik untuk kebanyakan orang. Sedangkan lensa dengan bahan Polycarbonate  yang sangat kuat dan tahan bentur, sangat dianjurkan untuk anak-anak dan orang dewasa yang beraktifitas aktif. Secara umum, jika resep kacamata Anda ukuran  spherisnya  + / -2.25 atau lebih rendah, Anda tidak akan mendapatkan keuntungan dari lensa berjenis "tipis". Lensa Plastik standar atau lensa Polycarbonate lebih cocok untuk Anda. Jika resep kacamata anda ukuran spherisnya lebih tinggi dari + / -2.25, Anda akan mendapatkan keuntungan dari pilihan jenis lensa yang "tipis".
Lensa tipis memiliki tiga keuntungan: tidak kelihatan "tebal", tidak membesarkan atau mengecilkan mata anda ketika dilihat oleh orang lain, dan lebih ringan. Secara umum, semakin tipis dan ringan lensa, harganya akan semakin mahal. "Nilai Indeks Tinggi" maksudnya adalah bahan lensanya yang "tipis" , sedangkan "Aspheric" maksudnya adalah desain lensanya yang "tipis". Lensa Polycarbonate dapat dibeli dengan desain "aspheric", dimana memberikan keunggulan kepada lensa polycarbonate menjadi lensa berdesain Aspheris yang tipis dan ringan. Tingkat ketipisan indeks lensa ditandai dengan "indeks bias" (IR). Indeks menengah biasanya sekitar 1.56, indeks tinggi adalah sekitar 1.60, dan indeks ultra-tinggi lensa adalah 1.67 dan 1.74. Setelah Anda memilih bahan lensa terbaik sesuai kebutuhan Anda, Anda dapat memilih fitur – fitur lainnya antara lain, seperti photochromic, lapisan tahan gores, lapisan anti pantul dan lapisan perlindungan UV (lapisan dengan perlindungan UV selalu ada dalam lensa dengan indeks tinggi dan lensa polycarbonate). Jika anda ingin kacamata hitam, ada tambahan pilihan seperti pilihan warna, photopolarize,polarized, dan mirror coatings.

3. Bagaimana memilih warna yang cocok?

Coklat dan abu-abu adalah warna yang paling populer untuk lensa sunglass. Warna coklat adalah pilihan warna terbaik karena memungkinkan pemakai mendapatkan spektrum cahaya yang paling luas ke  mata, dan juga memblok blue light sehingga memberikan kontras yang optimal. Warna coklat juga sangat baik digunakan untuk olahraga diluar seperti tenis, golf, ski atau olahraga lainnya yang memerlukan persepsi penglihatan akut dan differensiasi kontras. Coklat juga terbaik untuk kondisi cahaya rendah, seperti memancing di sore hari atau pagi hari.
Warna abu-abu terbaik untuk keadaan cahaya yang terang seperti olahraga air karena warna abu – abu menolak silau dari sinar matahari. Warna lainnya seperti warna hijau dan biru lebih banyak digunakan untuk keperluan fashion daripada fungsinya. Biru adalah warna terburuk dari semua pilihan warna karena meningkatkan blue light dimana hal ini membuat penglihatan menjadi lebih silau. Jika Anda ingin biru sebagai pilihan fashion, pertimbangkan membuat lensa berwarna coklat tetapi dengan blue mirror coating. Warna kuning biasanya digunakan untuk mempertinggi kontras tanpa memblokir terlalu banyak cahaya, dan umumnya digunakan untuk olahraga menembak dan ski pada saat cuaca berawan.

4. Bagaimana cara membandingkan harga?

Memilih merek lensa adalah keputusan pribadi anda, yang pada umumnya berdasarkan antara kualitas dan harga. Seperti di daerah lain, lebih baik mereknya, lebih mahal harganya. Sama seperti lensa, lensa yang harganya lebih mahal biasanya kualitasnya lebih baik, atau lensa progressive yang  desainya lebih lapang dan nyaman biasanya lebih mahal. Namun dalam beberapa kasus, mungkin sulit atau mustahil bagi konsumen untuk melihat perbedaan antara kualitas lensa yang baik dan kualitas lensa yang rendah. Biasanya lapisan anti pantul dan lapisan tahan gores yang berstandar internasional dan berasal dari luar negeri kualitasnya lebih baik dibandingkan dengan lapisan yang dikeluarkan oleh Laboratorium independen lokal.
Sangat penting untuk membandingkan harga secara "apples to apples". Diantara dua optik yang berbeda, anda akan mendapatkan harga lensa Polycarbonate yang berbeda pula karena pabriknya beda, desainya beda atau misalnya 1 merk sudah termasuk coating, satunya tidak termasuk. Sebelum anda mulai berbelanja untuk kacamata, buatlah checklist pertanyaan untuk pelayan toko. Berikut ini daftar semua item yang dapat menyebabkan perbedaan harga: Tipe lensa (satu focal, multifocal), Bahan lensa (plastik, polycarbonate,kaca, triveks dll), Pilihan tambahan (lapisan tahan gores dan anti pantul, ketipisan lensa dll), dan Produsen dari merk lensa yang ditawarkan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar